Pemantauan Konsentrasi Debu LSS2000

Perlu diketahui bahwa di tempat yang kelihatan bersih sekalipun, disana pasti terdapat debu yang tidak dapat dilihat oleh mata. Debu adalah partikel padat yang dipancarkan atau dihasilkan oleh proses alami maupun proses mekanis seperti gas buangan pembakaran dll. Udara yang kita hirup sebenarnya mengandung partikel-partikel debu. Itu berarti debu dalam skala kecil menyatu dengan udara dengan pergerakan sesuai dengan gravitasi Bumi.

Beragam macam debu di sekitar kita sebenarnya sebagian mengendap di paru-paru. Tapi paru-paru ini mempunyai pertahanan yang bisa menahan masuk sebagian besar debu. Selain itu, debu juga bisa dihasilkan dari sebuah aliran gas buangan hasil dari pembakaran. Debu jenis inilah yang patut diwaspadai. Rata-rata debu jenis ini mempunyai ukuran mikron yang besar. Dan berpotensi mendapatkan dampak yang cukup signifikan apabila debu tersebut masuk kedalam tubuh.

Maka untuk mencegahnya, diperlukan semacam alat yang bisa mengukur pemuatan debu pada aliran gas buangan pembakaran. Salah satunya alat pemantauan konsentrasi debu LSS2000. LSS2000 Dust Concentration Monitor adalah produk generasi baru, yang dapat bekerja terus menerus dalam waktu lama dalam keadaan yang sangat berat, seperti angin, hujan, petir, debu, suhu tinggi dan sebagainya.

LSS2000 adalah monitor partikel backscatter berbasis laser yang dirancang untuk mengukur pemuatan debu aliran gas buangan pembakaran. Output listrik dari LSS2000 sebanding dengan cahaya yang diserang kembali dari partikel dalam aliran gas. Sumber sinyal laser stabil tinggi diproyeksikan ke dalam cerobong gas dan partikel tersebut dapat merefleksikan cahaya yang intensitasnya sebanding dengan kandungan debu gas. aliran LSS2000 menerima sinyal laser lemah yang tercermin dari partikel, kemudian menghitung konsentrasi debu dengan algoritma tertentu.

  • Principle: Optical backscatter of light from a red Laser
  • Measuring object: Particles in the gas steam, Material : Mental, Optical head Dimensions : 185×160×160mm (L×W×H)
  • Physical Characteristics: Flange: inner dia. Ø 65mm, Purge blower pipe: Ø 40mm, Physical Weights: 2kg, Degree of Protection: IP66
  • Optical Characteristics: Laser Diode, (650 ± 20)nm, 10Mw
  • Measuring Characteristics: Range: (0~100, 500, 1000, 2000, 10000)mg/m3, Selectable, Zero Drift: ±2 % FS/24hr, Span Drift: ± 2% FS/24hr, Repeatability: ± 2% FS, Response Time: ≤ 10 S, Measuring Length:(5 – 20)M
  • Power Requirements: DC 9 – 24V/
  • Ambient Condition: -20ºC – +50ºC
  • Output: Analog output: (4 – 20) mA, Digital output: RS485