NOx Converter

NOx Converter

Tahukah bahwa di atmosfer udara terdapat gas dengan senyawa kimia nitrogen oksida (NOx). Senyawa kimia ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2). Tapi kedua gas tersebut sering diketahui sebagai faktor utama pencemaran udara. Dari segi karakteristiknya, nitrogen monoksida merupakan gas yang tidak berwarna, tidak terlihat dan tidak berbau. Berbanding terbalik dengan gas nitrogen dioksida yang memiliki warna coklat kemerahan dan berbau tajam.  Walaupun begitu kedua gas tersebut patut diwaspadai karena amat berbahaya bagi lingkungan.

Komposisi udara sebenarnya terdiri dari 80% nitrogen dan hanya 20% oksigen. Itulah sebabnya kenapa jika berada di ketinggian atmosfer, manusia akan sulit bernafas. Jika kita berada di kamar, hanya ada sedikit kecenderungan volume nitrogen dan oksigen, dan ini menjadi penyebab dikamar terasa begitu nyaman. Gas nitrogen dan oksigen saling bereaksi di udara sehingga dapat membentuk NO2. Lalu bagaimana cara membentuk kedua gas tersebut di daratan? Jawabannya sederhana, lakukanlah proses pembakaran.

Dalam proses pembakaran, suhu yang digunakan biasanya mencapai 1210 – 1.765°C. Pada suhu setinggi itu, akan mudah untuk membentuk gas NO2. Buktinya terlihat pada asap yang berwana coklat kemerahan dan berbau tajam dan itu berpotensi menjadi pencemaran udara. Perlu diketahui bahwa gas NO2 itu 4 kali lipat lebih beracun daripada NO. Sebabnya sudah jelas, karena gas NO tidak terlihat dan tidak berbau. Apakah kita bisa mengubah gas NO2 menjadi NO? Tentu sangat bisa.

Pada zaman sekarang ini, dimana polusi udara akibat pencemaran oleh industri pabrik atau pun kendaraan makin meningkat terutama di perkotaan. Kabar baiknya ditemukan solusi bahwa gas hasil pembakaran (NO2) bisa diubah menjadi NO. Tentunya dengan menggunakan alat konversi gas. Alat yang sering ditemukan dan digunakan adalah NOx Converter. NOx gas converter digunakan untuk aplikasi yang menggunakan NO gas analyzer untuk mengukur NO2 atau NOx. Ini dapat mengkonversi NO2 ke NO di udara atau dari proses hasil pembakaran dan kegiatan industri yang menyebabkan polusi.

Temperature range 390℃-410℃
Factory temperature setting 410℃
Working temperature 5℃-50℃
Sampling gas processing 30 0L/H
Controlling precision ±1℃
Gas flow 0.5-2.0 L/M
Connector of gas outlet OD6 mm
Connector of gas inlet OD6 mm
Sampling gas pressure ≤3 bar
Converting efficiency >96%
Power supply AC220V 50Hz 420W
Dimension 483*300*130mm
Weight 6 kg