Energi Biomassa, Energi Alternatif yang Dapat Diperbaharui

Di Indonesia sendiri, penggunaan bahan bakar fosil minyak masih menjadi hal yang pokok dan sering ditemui di berbagai pelosok desa atau pun kota. Wajar jika seperti itu karena Indonesia masih memiliki cadangan minyak yang terbilang cukup untuk bisa bertahan dalam beberapa puluh tahun kedepan. Berbicara mengenai cadangan minyak ini, itu berarti bahan bakar fosil minyak memiliki keterbatasan tertentu dalam penggunaannya. Lalu akan berujung pada menipisnya cadangan hingga yang paling dikhawatirkan yaitu kehabisan bahan bakar fosil minyak.

Hal seperti itu sangat mungkin terjadi karena cadangan minyak di Indonesia terbilang menipis dari tahun ke tahun walaupun hanya turun beberapa persen saja. Menipisnya cadangan minyak awalnya akan ditandai dengan kenaikan harga dari bakar minyak itu sendiri. Dan pastinya merambat pada kenaikan bahan pokok lainnya. Maklum karena minyak adalah bahan bakar yang utama dalam penggunaannya di Indonesia, bahkan di berbagai negara. Lantas bagaimana solusinya untuk menghindari penipisan cadangan minyak? Jawabannya terletak pada penggunaan energi alternatif.

Sekarang ini berbagai terobosan mulai diperkenalkan, dari pemanfaatkan kendaraan ramah lingkungan yang menggunaan gas atau listrik sebagai bahan utamanya, sampai pemanfaatan energi alternatif yang sering dinamakan energi biomassa. Apa yang dimaksud dengan energi biomassa? Energi biomassa adalah energi yang memanfaatkan sejumlah bahan biologis yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan bakar. Bahan biologis ini terdiri dari sejumlah tanaman energi, biogas, pupuk kandang, kotoran, kayu dan semacamnya.

Energi biomassa disebut sebagai energi terbarukan karena komposisi bahan biologisnya dapat diproduksi lagi. Sehingga sudah pasti tidak memerlukan cadangan untuk menyimpan bahan tersebut. Terlebih lagi bahan biologis yang sebagian besar untuk dijadikan energi biomassa adalah bahan yang memang dikategorikan sudah tidak layak. Seperti sisa-sisa serbuk kayu hasil dari pemotongan, sisa limbah pabrik, sisa limbah pertanian tanaman energi, kotoran, pupuk, dan lain sebagainya. Berikut dibawah ini merupakan contoh dari pemanfaatan berbagai bahan biologis yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan energi biomassa.

  1. Biogas

Biogas dapat diproduksi melalui bahan organik yang tentunya sering sering kita temui seperti kotoran manusia, pupuk kandang, material tanaman dan lain sebagainya. Pemanfaatan bahan organik tersebut memerlukan bantuan dari mikroorganisme anaerobik yang nantinya menghasilkan metana dan karbon dioksida. Tentunya melalui proses fermentasi yang sudah terdapat prosedur beserta alatnya. Hasilnya, kita akan mendapatkan gas yang berguna untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik, menyalakan kompor dan sebagai pemanas.

  1. Tanaman Energi

Bahan biologis yang dapat digunakan sebagai tanaman energi yaitu gandum, kedelai, jagung dan lain sebagainya. Jenis tanaman tersebut dapat menghasilkan energi biomassa yang tentunya melalui beberapa proses. Sedangkan energi ini akan menghasilkan produk yang terdiri dari biodiesel, ethanol, butanol, methanol dan propanol.

  1. Kayu

Kayu merupakan bahan biologis dengan proses pemanfaatan yang bisa dibilang paling sederhana diantara energi biomassa lainnya. Caranya cukup dengan melakukan pembakaran pada kayu tersebut yang dapat menghasilkan panas untuk memasak, keperluan listrik dan lain-lain. Namun asap dari proses pembakaran kayu ini menimbulkan asap yang berpotensi mencermarkan polusi udara yang bisa mengancam laipsan ozon. Tapi hal itu bisa diatasi dengan oksigen dari tumbuhan yang berada disekitarnya atau pun memperbanyak penanaman pohon.

  1. Limbah Pertanian

Kegiatan yang dilakukan pada bidang pertanian sebenarnya bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri. Limbah pertanian yang dihasilkan oleh mereka seperti ampas tebu, kotoran ternak, kotoran unggas, jerami, dan lain sebagainya bisa diproduksi menjadi energi biomassa. Hasilnya hampir sama dengan kayu, yaitu limbah pertanian bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan panas dan listrik.